Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

“Derawan Island: Unforgetable Moment “

2 Komentar

Sebuah Anugerah Petualangan

KETIKA laut Derawan menunjukkan keramahannya, seakan menjadi pertanda waktu yang paling kunikmati ketika berkunjung ke pulau ini. Bulan Mei 2009, seperti saat itu. Perjalanan sungguh mengasikkan. Bukan hanya Derawan, ada tiga pulau lainnya yang juga eksotis yakni Sangalaki, Pulau Maratua dan pulau Kakaban. Semuanya memiliki keunikan dan kekhasan. Pulau yag berada diatas “moncong” pulau kalimantan ini masuk dalam daerah admiistratif kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Meski perjalananku hanya mampu meraih Pulau Derawan, ini anugerah yang tidak sesedarhana perjalanannya. Setelah sekian waktu hidup dalam nuansa alam kawasan hutan lindung bukit raya kalimantan barat, tepatnya di Camp km 35 PT Sari Bumi Kusuma.

Semakin baiknya infrastruktur, membuat jarak juga semakin dekat. Pemkab sejak awal memang mencanangkan Tanjung Batu, sebagai ibukota kecamatan pulau Derawan yang juga akan menjadi kota antara. Dari Tanjung Batu hanya butuh sekitar 20 menit, bisa mencapai pulau Derawan.

klik gambar untuk memperjelas posisi pulau derawan

Kemuning senja dan beberapa ekor penyu hijau yang bermain di bibir pantai adalah pemandangan yang bisa disaksikan. Tari Dalling-tari khas etnis Bajo, menjadi gambaran betapa ritme kehidupan pulau yang penuh dengan keakraban. Pasir putih yang membentang, menjadi pelengkap keindahan pulau Derawan.

Bupati Makmur yang menyempatkan setiap akhir pekan berlibur di pulau ini, berupaya untuk terus memperbaiki infrastruktur dan upaya promosi tanpa henti. Mengajak wisatawan mancanegara untuk datang termasuk wisatawan nusantara. ”Pulau-pulau di laut Derawan, memang menjadi andalan di dalam mengembangkan wisata bahari,” kata Makmur.

Dari Derawan, dengan perahu cepat bisa menjangkau tiga pulau lainnya. Sangalaki, Maratua dan Kakaban ketiganya saling berdekatan, meskipun menyajikan pemandangan yang berbeda. Kawanan ikan Manta, selalu menjadi incaran bagi para penyelam bila ke pulau Sangalaki. Begitu pun pada malam hari, bisa menyaksikan kawanan penyu hijau yang naik ke darat untuk bertelur. Pulau Maratua juga menjanjikan pemandangan bawah laut yang juga memiliki keunikan tersendiri. ”Keunikan inilah, dua operator wisata memilih Maratua sebagai home basenya,”tambah Makmur.

Kakaban adalah “Jurrasic Park” yang tetap menyimpan misteri. Danau air payau yang ada di tengah pulau itu, menyimpan rahasia alam yang belum seluruhnya terkuak. Ubur-ubur yang berbeda dengan ubur-ubur yang ada di laut lepas, di luar pulau itu. Karena keunikan yang dimiliki, pemkab menetapkan sebagai kawasan konservasi daerah. ”Kakaban adalah pulau yang unik dan misteri dan hanya ada dua di dunia,” kata Makmur bupati kabuoetan Berau kalimantan timuur.

Perjalanan ini telah kudokumentasikan dalam karya yang sederhana, meski tidak sesederhana anugerahnya dalam video dokumentasi berjudul ” Derawan Island, Unforgetable Moment” bersama anak2ku siswa angkatan pertama SMA Perguruan Cikini.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

2 thoughts on ““Derawan Island: Unforgetable Moment “

  1. Unluckily, there’s no pics due above title. Let me remind, derawan isn’t good enough as the garbage of much citizen is thrown to sea. Luckily, all the islands are mentioned already visited, add with Semama, Bukuan.

    Don’t go on July-August, coz Cikini Kiani had a bad mem’ry as all them get drunk due big sea weave.

    Due math, I had read a good one with red color cover and title – Setan Angka.

    I used to stay there.

    Finally, greets for the webmaster and pak Pri & ganks.

    • thanks for ur visited. Btw, u’ve known p pri and you had some memory with cikini kiani. It means you’re not some body else related PT Kiani community. Are you..? can you tell further related your identity….Thnks for one more…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s