Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Permainan Matematika : Aljabar !

12 Komentar

Menyiapkan sebuah ide untuk mengawali sebuah topic di kelas, bukan hal yang mudah. Apalagi yang menarik minat siswa. Nah, berikut trik yang pernah penulis terapkan dikelas pembelajaran aljabar SD dan SMP kelas 7. Tidak menutup kemungkinan diterapkan dikelas anak SMA dengan kondisi tertentu dengan refleksi yang sesuai dengan tahap berpikir mereka.

Tempatkan sebuah pensil dan sebuah penghapus diatas meja, dan suruh dua murid secara sukarela untuk mempergakannya. ( Sebut saja sukarelawannya adalah Obed dan Acong )

INTRUKSI
Salahsatu dari kalian silahkan ambil pensil, dan yang lain ambil penghapus. Jangan beritahu saya, saya akan menebaknya.

Yang merasa mengambil pensil saya titipkan angka 7 dan, dan yang ambil penghapus saya titip angka 9. Saya tdk tahu siapa yang mendapat angka 7 atau 9.

Untuk Acong, kalikan kalikan bilangan kamu dengan 2.

Untuk Obed, kalikan bilangan kamu dengan 3.

Jumlahkan hasil perkalian kalian

ILUSTRASI

Anggap Acong mengambil pensil
dan Obed mengambil penghapus.

Acong mendapat angka 7 dan Obed mendapat angka 9.

Acong : 7 x 2 = 14

Obed : 9 x 3 = 27

14 + 27 = 41

Nah, guru cukup bertanya kepada kedua sukarelawan tersebut, bisakah hasil penjumlahan tadi dibagi di bagi 3 ? Ketentuan jawabannnya adalah jika hasil penjumlahannya dapat dibagi 3 maka Obedlah yang mengambil pensil( ingat, acong yang mendapat angka 2). Jika tidak bisa dibagi 3, maka Acong yang mengambil pensil.
Karena Jumlahnya tidak dapat dibagi 3, maka tanpa tahu bilangan 41 kita bisa tebak Acong yang mengambil pensil

Trik ini sejatinya sangat simpel, tapi dengan sedikit improvisasi akan menjadi awal yang baik untuk menarik perhatian siswa yang heterogen tingkat motivasi dan minat belajarnya. Khususnya dikelas pembelajaran aljabar.
Selanjutnya tentu dilakukan refleksi sekilas mengapa trik ini bisa berjalan sesuai tahapan berpikir siswa.
Selamat mencoba.
( disadur dari tulisan Max A. Sobel & Evan M Maletsky dlm ” Teaching Math: A source of aids, Activities & Strategies”)
Kaltim 2010

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

12 thoughts on “Permainan Matematika : Aljabar !

  1. oke juga triknya 🙂

  2. thx ya,,, good tricks
    ^_^

  3. nice

    mau di praktekin ah hari ini

    thx 🙂

    • silahkan pak guru… jika ada troble dlm pelaksanaan mohon sharingnya…. dan harap dipersiapkan benar2 skenarionya, kalo perlu ada simulasi.. biar tdk ada trobel…trimakasih

      • udah dipraktekan bwt anak kls 2 sd,dengan sdikit penyederhanaan……lumayan untuk selingan disaat si anak jenuh….

        **btw hoyongdiajar itu mahasiswi pak guru hehe

  4. o.. mash mhsiswa…selamat belajar menjd guru kreatif.., btw.. msh dlm tahap konsep posting trik mathemagic yang lebih seru. Sudah sering sy terapkan di berbagai jenjang kelas….trimakasih

    • amiiin….sy suka jadi ibu guru…:)

      oiya pak kira2 jika ada suatu seminar untuk guru matematika, tema apa sih yang menurut bapak penting dan dibutuhkan oleh guru-guru mtk indonesia?

  5. tentang pembelajaran multimedia kayaknya menarik untuk mengikuti perkembangan teknologi dlm pembelajaran…

  6. Saya ada permaian mata pelajaran MATEMATIKA…
    Supaya matematika bagi anak-anak lebih menyenangkan…
    Silakan klik: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/metode-mengajarka-matematika-kreatif.html
    Ada pula lagu2 yang bisa digunakan untuk belajar matematika seperti di:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/jari-perkalian-lagu-anak-karya-kak-zepe.html?utm_source=BP_recent
    .,.,,,,,,,,,,,,,,,,,….

  7. baik -baik mudah kok gak slt

Tinggalkan Balasan ke novita handayani Batalkan balasan