Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

NUPTK -ku mutasi lintas propinsi

5 Komentar

Sebagai guru yang ingin diakui eksistensinya dalam data kontrol pemerintah tentunya harus memiliki NUPTK.

NUPTK kepanjangannya adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.Nomor ini bersifat ” Unik” artinya tunggal, hanya satu datanya secara nasional. Bagi saya yang berprofesi guru, tentu juga harus memiliki NUPTK jika ingin eksistensi saya sebagai guru terdata di database Dirje PMPTK ( apalagi nih PMPTK..nih.?) pokoknya dirjen di kementrian diknas yang menaungi tenaga kependidikan, kurang lebih begitu. Apalagi saya tidak berstatus PNS, masih guru yayasan.

Pengalaman saya terkait NUPTK membuat saya memang harus memperhatikan status validitas NUPTK saya. Sebulan yang lalu kawan – kawan mendapat tunjangan profesi dari privinsi Rp 300.000 sebulan yang dirapel 6 bulan. Lumayan, Rp. 1,8 juta. Ah, tapi sayang saya bukan bagian dari mereka yang “sumringah” tatkala disodori tanda terima oleh kepala sekolah untuk menerima tunjangan tersebut. Ternyata guru yang mendapat tunjangan adalah guru yang sudah ber-NUPTK.

Padahal saya juga punya NUPTK, namun masih belum saya mutasikan ke sekolah saya yang baru , masih terdataftar di sekolah lama di  kalbar. Sementara sekarang saya mengajar di wilayah kaltim. Browsing informasi tentang prosedur mutasipun saya lakukan berkali kali di internet. Akhirnya informasipun saya dapat. Harus mengisi data pelepasan sekolah induk, menghubungi admin di kabupaten di kalbar lalu data validasi di sampaikan di kabupaten yang baru. Ah, rumit sekali…, harus ke Pontianak dulu? capek deh….. Sedang untuk mengurus NUPTK baru, harus sudah dua tahun mengajar di sekolah baru.

Saya coba sampaikan keluhan ini ke kepala sekolah. Beruntung kepala sekolah proaktif tanya ke admin dinas pendidikan kabupaten di tempat saya mengajar yang baru. Eh, ternyata memang harus ada data split dari admin di kalbar untuk bisa dimutasi.Jadi harus ke Pontianak nih…?

Sayapun berinsiatif menghubungi pihak LPMP Pontianak via no.telepon yang saya dapatkan di internet. Ternyata saya tidak harus ke Pontianak,cukup konfirmasi via telepon dan data split dikirim via email ke admin dinas pendidikan kabupaten di kaltim. Data terkirim, dan saya konfirmasi admin diknas di kaltim akhirnya validasi mutasipun selesai. Akhirnya NUPTK saya pun sudah termutasi. Semoga nama saya ada di daftar tanda terima tunjangan guru propinsi kaltim bulan maret nanti.

Meski hanya 1,8 juta, lumayan untuk mengobati keterlambatan gaji akhir akhir ini. Belum lagi jika mengingat pentingnya NUPTK kedepannya nanti. Pentingnya NUPTK seperti yang saya kutip di web resmi http://www.NUPTK.info yaitu :

1. Pemberian Tunjangan Khusus bagi PTK

2. Melakukan Sertifikasi Guru

3. Memberikan Penghargaan akhir masa bakti

4. Memberikan beasiswa bagi anak guru berprestasi

5. Memberikan peningkatan mutu Pendidik PAUD, Tutor, Tutor Paket B

6. Program Pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

7. Mendistribusikan dana blockgrant guru bantu, pengawas sekolah, blockgrant operasional pengawas sekolah

8. Pemberian tunjangan Fungsional Guru Non PNS

9. Pemberian Tunjangan Kelebihan Jam Mengajar 10. Peningkatan Kualifikasi Guru dari D-4 ke S1

Bagi yang pingin tahu seluk beluk NUPTK, silahkan kunjungi http://www.nuptk.info Untuk yang berprofesi guru, saya yakin sudah banyak yang tahu website tersebut. Siapa tahu info ini berguna.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

5 thoughts on “NUPTK -ku mutasi lintas propinsi

  1. sukses t pakde.membaca tulisan pakde membuat sy tau akan bergunanya nuptk itu bg seorang guru.sgguh beruntung guru2 dkaltim.sungguh tak dapat kami nikmati tunjangan nuptk itu.untuk kalbar mungkin tdk semua guru menikmati tunjangan.apalg sek.swasta.

  2. ni bu erna pontianak kah…?
    pa kabar bu erna….sukses jguat b erna..
    benernya di kalbarpun ada juga tunjangannya, tp mgkin belum merata aja.
    Biasanya berdasar data NUPTK…
    di SBK dulupu ada kan…? trimksh tlah mengunjungi website saya..

  3. Ya. guru-guru perlu tahu ini.

  4. mohon penjelasan mengenaaai sertifikasi bagaimana ubtuk guru sd yang sudah s2 apa juga harus ikut plpg?

Tinggalkan Balasan

