Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Sepenggal memori dari sebuah dokumentasi

17 Komentar

Tatkala saya iseng membuka – buka koleksi foto yang diunggah di sebuah akun teman pada jejaring facebook , perhatian saya sejenak tertuju pada satu foto [ lihat image ]. Memori otak sayapun sejenak berputar mundur pada satu titik ingatan.

Ada banyak puluhan bahkan mungkin ratusan foto di lokasi serupa yang terbackup aman di harddisc komputer saya. Tapi foto yang terupload di konten akun facebook tersebut menarik perhatian saya. Mungkin karena foto tersebut tidak termasuk dalam koleksi foto – foto saya.

Image: koleksi foto Facebook Lisa Mawarti

Foto tersebut adalah dokumentasi area dengan nuansa pencitraan geografis yang mengesankan bagi saya untuk di simak. Dan nampaknya diambil dari ketinggian. Meski tidak seluruh area tercakup didalamnya. Masih ada sekitar 40 % bagian area yang mungkin belum ter-cover. Yaitu gedung pusat administrasi dan lingkungan sekolah, GOR, serta taman bermainnya. Dan juga liuk sungai yang menjadi pembatas camp dengan hutan di sekelilingnya.

Foto yang membuat saya bertanya dari sudut mana kira – kira diambil. Ingatan sayapun meraba setiap sudut kenangan di tempat tersebut. Karena dua tahun lebih saya pernah tingggal dan bekerja di area tersebut. Dan di lokasi tersebut awal petualangan kerja saya di Kalimantan dimulai.

Ya, area tersebut adalah basecamp administrasi PT Sari Bumi Kusuma. Perusahaan pemegang hak HPH di wilayah perbatasan kalbar dan kalteng. Terletak di km 35 jalan masuk menuju areal HPH. Yang merupakan anak perusahaan perkayuan Alas Kusuma Group yang berpusat di kota Pontianak Kalimantan Barat.

Lhoh, kok perusahaan perkayuan? Emang saya kerja nebang kayu? Tentu tidak. Saya menjadi guru di sebuah sekolah fasilitas karyawan milik perusahaan tersebut. Yaitu YP Sari Lestari.

Ada banyak hal yang bisa menjadikan deskripsi dalam posting kali ini lebih panjang narasinya terkait pengalaman saya menjadi guru dilokasi tersebut. Menjadi guru sekaligus karyawan perusahaan dengan tuntutan etos, disiplin dan delik kerja yang terstandar. Yang merupakan bagian dari kultur kinerja para karyawan di perusahaan tersebut.

Image: SDS Sari Lestari PT SBK Camp km 35. Koleksi pribadi

Kultur kerja di perusahaan tersebut yang dimulai mulai pukul 06.15 pagi bersamaan bunyi sirine yang meraung di seantero basecamp. Dan berakhir pukul 16.00 ( 4 sore ) bagi karyawan guru dan staff administrasi kantor. Sedangkan bagi karyawan bengkel dan alat berat diakhiri pukul 18.00 ( 6 sore ).

Tidak semata – mata pengalaman kultur kerja yang sangat berharga bagi saya, melainkan juga pengalaman saya terkait nikmat alam yang luar biasa di area tersebut. Sebuah area yang berada di tengah – tengah hutan lindung yang masih terjaga keasliannya. Dan dikelilingi sungai yang jernih seakan menjadi pembatas bagi hewan liar dengan komunitas manusia di area basecam tersebut. Sungai yang menjadi tujuan wisata liburan bagi segenap karyawan dan para keluarga.

Jangan ditanya sesegar apa udara paginya. Dan jangan dibayangkan sebersih apa sungainya. Segarnya pagi adalah mutiara yang dihasilkan lebatnya hutan alami disekeliling lembah. Jernihnya air sungai bahkan bisa menghasilkan ikan nila besar hanya dengan senjata anak panah besi yang dibidikkan para pemburunya.

Selain juga rasa – rasa pelangi persahabatan antar kawan guru dengan berbagai latar belakang suku dan ras. Ada guru keturuan bali, timor, bugis, melayu, dayak bahkan batak. Oh iya ada juga jawa pastinya karena saya bagian dari mereka. Hehe…

Selebihnya ada beribu kenangan dan pengalaman petualangan hidup di lokasi tersebut yang membuat saya masih kesulitan mendeskripsikannya. Paparan bernuansa jurnalistik di blog wartawan Jurnas yang sempat berkunjung di lokasi tersebut menambah narasi deskripsi, yang sempat menyampaikan kekaguman alamnya dalam perbincangan singkat dengannya tahun 2007 di lokasi tersebut.

Dan inilah modal saya untuk belajar mengejewantahkan sebuah mutiara pengalaman kedalam sebuah narasi tulisan.

.g

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

17 thoughts on “Sepenggal memori dari sebuah dokumentasi

  1. Assalamu’alaikum, Tulisan yang bagus, mohon maaf saya baru bisa berkunjung sekarang, sedang ada kesibukan yang sangat padat. (Dewi Yana)

    • walkm salam…
      hanya catatan kaki aja mbak.. belajar nulis minimal pengalaman sendiri
      trimakasih. Sypun br tahu bhwa mbak ini penulis buku2 religi.. skali lg trimakasih..

  2. Foto yang pertama diambil menggunakan balon udara, kebetulan saya memiliki koleksi yang cukup banyak foto-foto tersebut.
    Balon udara diterbangkan dari tempat lokasi airbersih.

    Koreksi Mas, SBK terletak diperbatasan Kalbar dan Kalteng, bukan Kaltim.

    • wah ..baru sadar kalo terketik kaltim….terimakasih koreksinya pak…
      saya sedikit menduga.. p aldy akan komen di sini..

      dr balon udara….?wah excited juga..
      kalo ada koleksi dari laen sudut.. boleh ni sy di kirim via email..
      hehe… udah dikoreksi.. ngrepotin lagi!!!

      kalo sempat dan berkenan…

  3. dan foto itu bisa menguak kenangan
    foto yang indah dibidik dari arah yang pas🙂

  4. betul akang.., ada saat dimana foto itu begitu berharga saat mngembalikan sebuah memori dan pengalaman…

  5. Wah… fotonya itu diambil dari udara atau dari tanah di ketinggian tertentu ya? Kalau dilihat dari sudutnya sih seperti dari tanah di ketinggian tertentu ya?? Tapi tetap saja menawan. apalagi ditambah dengan later belakang rimbunnya hutan di sekitarnya. Saya mengharapkan saja hijaunya hutan2 di Kalimantan dan daerah2 lainnya di Indonesia tidak cepat hilang. Menebang2 kayu ya boleh saja, tetapi alangkah lebih baiknya jikalau disertai juga dengan usaha reboisasi.

    Good and nice article though. Salam kenal.🙂

  6. pertanyaan sy dan p yari dah dijawab oleh p aldy di deretan komen diatas …. kebetulan beliau adalah senior staff affair di perusahaan HPH tersebut.
    Jd seluk beluk manajerial hutannya beliau tentu sangat paham.
    sy si cuman sempat sebatas mengamati dan menikmati anugrah alam yang ada.
    Dan begitu sy hdp di peradaban kota besar, betapa berharganya anugrah alam yg sempat sy nikmati….trimakasih

  7. salam sobat
    oh ya, ayo atuh ikuta fikmin
    saya baru aja publish lagi fikmin teranyar😀

  8. Oh ya, sekitar 10 hari ke depan bahkan mungkin lebih, ada kemungkinan kegiatan blogwalking saya terhambat atau bahkan mungkin tidak sempat. Tapi insyaallah selama 10 hari ke depan, tiap hari sekitar jam 08.01 WIB ada postingan baru karena saya sudah menyiapkannya dan menggunakan sistem skedul. Semoga sahabat berkenan meramaikannya dengan meyempatkan diri berkunjung ke sana. ngarephehe.com😀

  9. Foto menawan. Hutan yang sangat melahirkan rasa rindu. Saya di Kalimantan Tengah tapi di kota Kumai, Pangkalan Bun, takmenemui hutan primer kecuali melakukan perjalanan dengan kelotok setengah hari ke Tanam Nasional Tanjung Puting. Sayang sungai di sekitarnya tercemar limbah pertambangan dan sangat keruh.

  10. betul pak…,
    kekayaan hutan primer kalimantan memang kian mahal pak….
    kelotok 1/2 hari…? wah.. jauh juga pak.. tp masih juga tercemar..

  11. Saya lima thn (1987-1992) menjadi bagian dari sbk. Jaman tak enak. Jarang ada eks sbk yg mo berbagi cerita tentang petualangannya selama di sana. Tempat yg indah dan fresh….saya setuju. Trim’s anda tlh memulainya….

  12. ke ingat masa kecil saat sekolah di sari lestari pada saat TK samapai klas 2sd lalu pindah ke nanga pinoh

Tinggalkan Balasan

