Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Permainan bilangan: ” Mathemagic “

14 Komentar

Image: tutor2u.net

Saya mencoba untuk tidak terlalu ekslusif dalam membangun tema aktifitas bloging saya. Saya percaya informasi apapun pasti ada manfaatnya dikemudian hari. Meskipun saat ini apa yang saya dapatkan masih sangat sedikit dan bahkan sepotong – potong. Untuk delik wawasan SEO, hosting, pagerank, Javascript dll saya masih sebatas pengamat, belum sepenuhnya pengguna apalagi pengembang.

Tapi saya juga tidak ingin melenceng dari fitrah saya sebagai seorang guru yang seyogyanya senantiasa memupuk semangat pengembangan diri dan sharing dengan rekan sesama profesi guru.

Berkaitan dengan itu, kali ini saya kembali sharing tentang trik yang jitu untuk membuat murid – murid membicarakannya berhari – hari kenapa sebuah trik matematika sederhana bisa terjadi. Sekaligus untuk menguji daya eksplorasi murid akan sebuah pola matematika. Oleh Evan Maletsky dalam buku dimana saya menyadur, trik ini Ia sebut dengan “ Mathemagic ”

Trik tersebut sering saya gunakan di dalam kelas baik SD, SMP bahkan SMA sesuai pengalaman mengajar saya. Tentu dengan pendekatan improvisasi yang berbeda sesuai dengan tingkat berpikir logis murid. Bagi yang bukan guru, tidak ada salahnya mencermati trik ini. Mungkin bisa diterapkan untuk bahan seru – seruan dalam belajar dirumah dengan anak – anak.

Berikut perintah yang mesti dilaksanakan seluruh murid dalam kelas.:

Langkah 1

Pilih sebarang bilangan yang terletak antara 50 dan 100.

[ Masing – masing murid bisa mengambil bilangan yang tidak sama kalau perlu jangan ditunjukkan dengan siapapun. Ini untuk meminimalisir kesimpulan dini dari siswa bahwa trik ini kasuistik, dan bisa ditebak.]

Langkah 2

Tambahkan 76 terhadap bilangan yang kalian pilih.

Langkah 3

Pada hasil penambahan diatas, coret angka ratusannya.

Langkah 4

Tambahkan angka ratusan yang dicoret tadi dengan bilangan dua angka yang tersisa.

Langkah 5

Kurangkan hasilnya terhadap bilangan semula ( bilangan antara 50 dan 100 yang dipilih diawal trik)

ILUSTRASI

Misal si Obed memilih bilangan 83

Tambahkan dengan 76  → 83 + 76 = 159

Mencoret angka ratusan dan tambahkan ke sisa bilangan dua angka → 159 ; 59 + 1 = 60

Kurangkan hasil terhadap bilangan semula → 83 – 60 = 23

Menariknya, untuk setiap bilangan yang diambil selalu menghasilkan 23. Asal dipastikan langkah dan hitungannya benar.

Kesimpulan bahwa hasil akhirnya pasti 23 bukan klimaks permainan ini. Ada tawaran improvisasi yang istimewa dari trik ini.

Sebelum masuk kelas gunakan sabun mandi untuk menulis bilangan 23 di tapak tangan. Tunggu tulisan kering sehingga tulisan tidak terlihat oleh murid – murid dikelas. Nah, seusai langkah – langkah telah dijalankan dikelas, dan dipastikan hasilnya 23 ( guru pura – pura belum tahu hasilnya ), suruh murid menuliskan hasil akhirnya pada selembar kertas dan melipatnya.

Pilih murid sukarelawan untuk maju kedepan kelas dan membawa lipatan tersebut. ( Ingat ! jangan terlalu berspekulasi dengan menunjuk murid yang berkemampuan hitung rendah ).

Dengan hati – hati bakarlah lipatan yang berisi bilangan 23 tersebut didepan kelas. Terakhir, gosokkan abunya pada tapak tangan, maka seolah – olah ajaib, angka 23 akan terlihat di tapak tangan.

Sukarelawan ditanya, apakah benar angka 23 yang tertulis di lipatan tadi?

Dengan mimik heran, murid akan menjawabnya : betul !!

Menurut pengalaman saya, ini menjadi bahan pembicaraan murid – murid SD berhari – hari. Bahkan ada yang percaya ini sulap.

Untuk murid SMP mereka tidak percaya ini sulap, tapi nalar mereka masih kesulitan memecahkan misterinya.

Sedang untuk anak SMA , mereka tidak percaya ini sulap namun butuh beberapa waktu untuk menebak kenapa ini terjadi. Dan kebanyakan dari mereka berhasil menguak dengan kemampuan logikanya yang memang sudah matang.

Butuh beberapa waktu bagi saya menulis trik ini agar mudah dipahami, pastikan dengan beberapa simulasi diluar kelas sebelum mencoba trik ini. Semoga bermanfaat.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

14 thoughts on “Permainan bilangan: ” Mathemagic “

  1. Hehehe… iya ini cara yang baik untuk “memaksa” murid2 memahami algoritma atau logika dalam problematika aritmatika. Apalagi kalau sulap bisa dimodifikasi cara memunculkan angka 23-nya sehingga secara tidak sadar murid akan dibawa belajar untuk memahami proses berfikir dalam masalah aritmatika. Menjadi guru sekarang memang harus kreatif…..😀

    • he betul pak.. tuntutan jaman katanya begitu….hrs kreatif, jk tdk… guru bukan di “gugu dan di tiru” tp di “guyu dan ditinggal turu..”hehe ga tau ngerti pa ndak p yari dgn bhs jawa..

  2. Yah…memang kalau yang percaya ini sulap benar adanya, karena trik sabun dan pembakaran kertas tersebut adalah trik sulap; sulapnya matematika.

  3. yapak.. meski bkn sulap beneran.., mengemas matematika emang hrs kreatif… bahasa pengusaha hrs ada markom-nya.. hehe sok so’an nih…

  4. matematika dikemas begini pasti menarik ya..🙂

    lia termasuk yang suka matematika dulu pas SMP karena gurunya baik banget ..
    Waktu smu malah gak semangat hikss hikss..

    salam kenal Pak

  5. waaah, jadi semakin berminat utk belajar matematika🙂
    thx atas infonya

  6. Menarik pak…seperti komentar kang Yari di atas
    Pelajaran matematika akan menarik jika disampaikan oleh guru yang tepat…jika salah maka matematika akan menakutkan.
    Padahal dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu ketemu dan berurusan dengan bilangan, angka dan hal-hal berbau matematika

  7. idenya emang menarik mbak… tapi eksekusi skenario butuh seni dan ketrampilan yang bagus…

  8. wah, dapet materi baru untuk ngasi hiburan ke anak-anak TPA…🙂

  9. silahkan p ustadz….jgn lupa disimulasikan biar eksekusi rencananya ok..

  10. Blogger blitar kah? Saya jg, salam kenal ya,

  11. salam kenal juga…..trimaksih atas kunjungannya

  12. saya coba pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s