Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Sakit Gigi dan Blogging

23 Komentar

Aktifitas online saya  akhir – akhir ini menjadi pelarian kesibukan offline selama dua hari karena sakit gigi. Berselancar merambah dunia maya di malam – malam sakit gigi. Hingga saya sadar ada “orok” yang saya terlantarkan.  Bukan orok di dunia offline. Melainkan blog baru saya yang masih saja menjadi ” orok” meski sudah hampir tiga bulan yang lalu lahir dari sebuah rahim inspirasi.

Blogwalking, browsing dan interaksi saya dengan blogger yang ramah dalam berbagi menghasilkan suatu konsep sederhana tentang blog .  Blog dengan konsep interaktif “ online learning”.  Ada materi interaktif, animasi materi, materi dokumen, maupun sejumput informasi.

Sasaran pengunjung tidak jauh – jauh, minimal murid – murid saya. Untuk memberi suplemen belajar di aktifitas online mereka. Membangun image bahwa internet bukan hanya facebook, tidak hanya mesin jawab google yang tak bertuan. Sebab, seringkali saya mengintip obrolan – obrolan mereka tentang internet. Aktifitas facebook mulu yang dibicarakan.

Suatu ketika ada salahsatu status mereka  yang memancing perhatian saya. “ Ada PR gak ya hari ini???”. Diikuti banyak komen dengan beragam respon. Ada yang murni ngegosip hingga terlihat facebook menjadi wahana gethok tular informasi antar mereka.

Tapi facebook tetaplah facebook . Pengembangan manfaatnya dalam informasi belajar sangat terbatas. Bahkan cenderung tak jelas. Tentu dalam konteks belajar anak. Dalam konteks interaksi sosial memang tak terelakkan. Tapi dalam hal kesadaran anak sekolah untuk kepentingan  belajar tentu patut menjadi pertanyaan. Dalam benak saya,  ada interaksi online antar mereka di dunia maya yang bisa dimanfaatkan untuk menyisipkan nilai – nilai belajar.

Itulah inspirasi  kontemplasi dikala saya sakit gigi. Ada kesempatan yang mungkin tak saya dapatkan seandainya tidak sakit gigi. Mengingat kesibukan sekolah yang akan melaksanakan kurikulum dan akreditasi

Dan  abra kadabra….!!!Dua hari kontemplasi karena sakit gigi menghasilkan kreasi content blog. He

Jadilah web pembelajaran saya yang meski masih sangat sederhana. Saya bisa selipkan kuis online berbasis flash. Dan juga animasi  materi. Memang, masih sangat polos. Mungkin  berlagak blog professional yang mementingkan isi ketimbang tampilan. Padahal isi dan tampilan sama – sama polos. Hehe

Tapi lumayanlah, paling tidak  blog saya bukan lagi “orok”. Karena sudah bisa menawarkan interaksi.

Tanpa tunggu lama, besoknya langsung saya eksekusi dikelas SMP. Menggunakan display proyektor  saya kenalkan  web hasil kontemplasi sakit gigi ini. Itung – itung menguji respon anak.  Ada yang girang menyimak dan mencoba kuis onlinenya,  adapula yang sudah kritis bertanya. “Ko’  webnya ga ada gambarnya sih pak guru??”.  Yang membuat saya gemas tatkala ada ada yang bilang: “ Ko’ ga kayak blog – blog yang lain tuh pak, banyak gambar dan warnanya??”. Dan masih banyak tanggapan lain.

Ingin rasanya saya jelasin panjang lebar tentang kesederhanaan tampilan dan pentingnya isi.  Sederhana lantaran kualitas koneksi yang ada, maupun karena penghematan  space hosting yang super minim [ kecuali kalau ada subsidi sekolah untuk upgrade space, he.]. Tapi kalau saya jelasin semua, pelajaran matematika jadi seperti TIK nih.

Tapi saya spontan sadar itulah respon alami anak. Belum cukup dewasa untuk menghayati  isi ketimbang penampilan. Anggap saja  bagian dari bahan refleksi saya tentang konsep web yang saya coba bangun. Kajian efektifitasnya ternyata tidak sesederhana yang saya bayangkan sebelumnya. Belum lagi jika dikaitkan dengan  persentase anak yang punya sambungan internet dirumah. Mereka sadar ada tawaran media belajar dalam aktifitas online, sudah bagus.

Iseng saya coba utak atik lagi, bukannya tambah bagus  eh malah tambah amburadul.  Hampir dapat dipastikan, akan  ada tanggapan susulan nih dari anak – anak. Hmmm…

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

23 thoughts on “Sakit Gigi dan Blogging

  1. Assalaamu’alaikum sahabat guru.
    Senang membaca aktivitas semasa sakit gigi. ternyata apa yang Allah hadirkan itu memberi inspirasi besar untuk maslahat anak-anak sekolah. Semoga sudah sembuh dan bertugas dengan cemerlang untuk nusa bangsa.

    Linknya mas Saiful sudah saya pasang di blog baru saya dalam Dunia Sahabat. mudahan tali persahabatan keguruan akan dijalin baik pada masa akan datang.

    Salam mesra dari saya di sarawak.

  2. Jangan putus asa mas, walaupun saya sempat bertanya-tanya juga, kemana bayi yang tempo hari sempat muncul beberapa saat😀

    • ternyata membangun wawasan blogging tidak mudah pak.. hehe
      bisa aja ttal, tapi kerjaan terbengkalai. Dibuat sampingan, gak berkembang2…jd butuh konsistensi dalam belajar meski stahap dmi setahap..

      • Materi utamanya matematikan, sesuai bidangnya mas Saiful saya kira ada banyak yang bisa diposting.
        Tetapi tidak menjamin juga sih, Indohijau.net milik saya yang berbicara aturan kehutanan sekarang justru terbangkalai, jadi malas ngurusnya. Apalagi sempat dihack beberapa waktu yang lalu.

  3. upaya yang bagus, menarik, dan inovatif, pak. mungkin masih banyak anak2 yang belum sepenuhnya paham ttg web/blog sehingga belum bisa memberikan respon positif. tapi suatu ketika, dunia pembelajaran di sekolah pasti akan makin ramai dengan banyaknya peserta didik yang mulai demen ngeblog.

  4. salam sayang aja buat bayi blog nya mas😀

  5. Wahh… Kalo saya sich Facebook dijadikan sebagai sarana berkreatifitas. Jadi misalnya ada ide di kepala, ato pikiran2 kreatif, langsung saya tuangkan di facebook. Ato misalnya saya punya suatu pemikiran tentang suatu hal, saya akan langsung tuliskan di facebook. Jadi kalo suatu saat saya ingin menulis suatu hal, saya tinggal meneruskan ide yang saya tulis di facebook. Mungkin seperti mind-mapping gitu ya ?!! hehe…
    btw, salam kenal pak..
    terima kasih sudah mampir di blog saya juga…😀

    • iya sama2…. sampeyan masih muda. kreatifitasnya jauh lebih tajam dari saya…
      apapun medianya tergantung gimana kita memanfaatinnya…termasuk facebook.
      kalo anak2 smp kan perlu pengarahan jatidiri dalam menggunakan teknologi internet…

  6. salam dari barito timur pak
    viva pendidikan

  7. berkunjung di bulan ramadhan, semoga silaturahmi tetap terjalin

  8. amin…trimakasih atas jalinan silaturrahminya pak… smg ramadlon membawa berkah buat kita semua…

  9. Assalaamu’alaikum mas Saiful

    Apa belum terluang masa untuk menulis dan berkongsi ilmunya atau sakit giginya masih belum berkurang. Ayuuh… ditunggu tulisan sang guru yang bermanfaat ini.

    Salam ramadhan yang berbaki.

  10. waduhh jadi tak nyaman nih….hehe
    saya masih dalam masa perjalanan mudik lebaran ke pulau jawa bunda ce’ ge..
    masih mampir ke surabaya. insyallh kalo sudah dirumah.., bengkel inspirasi akan saya bangun…
    terimakasih atas perhatian bunda ce’ ge…
    selamat menyambut hari raya yang akan segera hadir… dan salam Ramdalon..

  11. Selamat atas blognya, semoga bisa ngeblog terus, nggak berhenti.🙂

  12. Sebenarnya justru salah satu kekuatan dari pembelajaran elektronik melalui web adalah justru interaksinya, juga gambar2nya kalau bisa disisipi video2nya. Jadi diusahakan jangan hanya memindahkan buku ke dalam layar elektronik. Namun hal tersebut tentu saja memerlukan sumberdaya yang lebih, minimal sumberdaya waktu dan fikiran agar mencapai sasarannya. Nah, itulah sudah menjadi “hukum alam” setiap ada kelebihan pasti menuntut sumberdaya yang lebih juga. Namun saya berhasil dengan ketekunan, pasti blog pembelajarannya mas Saiful bisa berkembang dengan baik dan tepat sasaran. One step at a time, ok?🙂

  13. wah salah ketik:

    tertulis:

    Namun saya berhasil dengan ketekunan, pasti blog pembelajarannya mas Saiful bisa berkembang dengan baik dan tepat sasaran.

    seharusnya:

    Namun saya yakin dengan ketekunan, pasti blog pembelajarannya mas Saiful bisa berkembang dengan baik dan tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

