Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Kali ini tentang kue lebaran.

7 Komentar

Lama nian saya tidak update rumah maya ini. Mengingat kesibukan offline yang menyita waktu dan perhatian saya.

Baru aja lebaran kita lewati. Bagi ibu – ibu, lebaran sering identik dengan mempersiapkan kue. Melihat kesibukan para Ibu yang menyiapkan kue sewaktu lebaran kemaren, saya jadi tergelitik membahas permasalahan berikut:

[Maaf, nama hanya fiktif. Kesamaan cerita adalah kebetulan semata. Dan justru itu tujuannya, siapa tahu ada manfaatnya, hehe]

Ibu Acong akan membuat kue Coklat dan kue Keju

Untuk membuat satu cetak roti Coklat dipergunakan 50 gram mentega dan 60 gram tepung, dan untuk satu cetak roti Keju diperlukan 100 gram mentega dan 20 gram tepung.

Jika tersedia 3,5 kg mentega dan 2,2 kg tepung maka berapa banyak roti dapat dibuat paling banyak ?Tentu jangan sampai ada sisa bahan yang terbuang. Namanya juga efisiensi.

Adayang bisa bantu selesaikan masalah Ibu Acong ?

Kebetulan materi matematika kelas 12 SMA baru – baru ini membahas topik program linier. Eits…, maaf jangan lari dulu. Begitu baca istilah matematika pasti “ tuing!!”. Maunya happyblogging ko’ diajak pusing. Apa hubungannya kue lebaran dengan “program linier” ??. Secara langsung tentu tidak ada.

Tapi kali ini saya coba ada – adain. Yang dulu SMA nya jurusan IPA tentu remang- remang masih ingat masalah diatas bisa diselesaikan dengan konsep “program linier”. Suatu teori matematika yang digunakan untuk mencari penyelesaian optimum.

Bagi yang punya anak, adik atau saudara yang duduk kelas 12 SMA cobalah tanya mereka. Hitung – hitung menguji hasil belajar metematikanya. Dan bagi yang sekedar iseng dengan materi matematika SMA silahkan di utak atik.

Dan bagi yang sama sekali tidak mau pusing ya sudah. Anggap aja ini wawasan dan sekilas flashback pelajaran SMA.

Bagi yang bisa menyelesaikan masalah diatas dengan konsep yang benar, ada aplikasi flash yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas dengan lebih cepat. Cobalah klik tautan berikut. Hitung – hitung bergabung dengan murid – murid saya. Hehe…

Tentu harus paham konsep penyelesaian masalah “program linier”. Jika tidak ngeh, saya sarankan memang tidak perlu klik. Posting ini dibaca sampai habis aja sudah menjadi suatu penghargaan bagi saya, apalagi berkenan menyapa di kotak komentar.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

7 thoughts on “Kali ini tentang kue lebaran.

  1. wah mau buat kue dah dibikin pusing nih…dibuat pr aja ya he….

  2. Assalaamu’alaikum Mas Saiful.

    Tulisan tentang kue coklat dan kue keju yang menyelerakan. Sayangnya, tidak ada resepi penuh yang bisa diikuti pembuatan kedua-dua kue itu.

    Hehehe… Maaf mas, saya tidak bisa membuat kiraan masa kini kerana sedang sibuk mengejar waktu BW ke sana-sini. Lantaran baru punya waktu yang sedikit terluang dengan mengunjungi semua blog sahabat guru.

    Tapi artikelnya sudah khatam saya baca. Saya senang membaca gaya tulisan mas Saiful. walau guru matematika, tetapi bahasanya gaya orang sastera menulis.

    Semoga terus berkarya dan tetap menulis untuk mendidik anak bangsa. Salam mesra dari saya di Sarawak.😀

  3. wa’alaikum slmm bunda..
    senang rasanya bunda menyempatkan diri menyimak tulisan saya.

    sayang sy blm bisa optimal membalas silaturrahmi bunda dlam aktifitas blogwalking saya.

    inspirasi panjang bunda siti sebagai guru di Malaysia tentu menjadi bagian dari inspirasi saya.

    gaya menulis saya memang demikian.
    maklum, masih meraba style yang sesungguhnya.
    salam hangat dari kaltim
    wsalam..

  4. Aku jadi penikmat kuenya saja, nggak sanggup mau bikin kue harus ngisi soal linear dulu😆

  5. pak aldy menyimak posting aja sudah trimakasih.. hehe..

Tinggalkan Balasan

