Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Senam menulis

9 Komentar

Menulis. Suatu aktifitas yang kadang sering membuat banyak orang alergi. Tidak saja karena menulis identik dengan berpikir dalam menuangkan ide, tapi menulis juga sering membuat banyak orang frustasi. Ingin hati menuliis, tapi begitu hasil tuliasan dibaca terasa kurang memuaskan si penulis.

Menulis adalah menuangkan ide. Menulis adalah berpikir. Menulis juga berbicara. Menulis mungkin juga bagian dari membuka kran – kran saluran ide di kepala agar tidak menjadi bisul otak yang bisa membuat stress, emosional dan ofensif dalam berpolemik.

Menulis perlu latihan, atau dalam bahasa saya “kenekatan”. Kenapa nekat?. Nekad karena tidak perlu terlalu memikirkan hasil dan orientasi tulisan. Salah, kurang menarik atau tak layak cukup disimpan datau di delete. Tidak mungkin ada yang disesali sepanjang menulis dilakukan atas niat menuangkan ide positif.

Menulis tidak mesti seperti membuat srikpsi atau tesis. Berkerut kening, wajah kusut kurang tidur atau stress. Menulis adalah berbicara yang mengalir. Menulis yang ideal dan produktif adalah menggunakan otot – otot jari untuk mengetik seperti menggunakan otot lidah tatkala berbicara. Ada intonasi, ada penekannan dan ada kesimpulan. Menulis mampu menunjukkan sisi amarah, empati dan juga kekkaguman pada sesuatu. Seperti juga lidah, tentu dengan gaya yang khas masing – masing penulis.

Ada tiga langkah penting dalam latihan menulis. Pertama, menulis. Kedua, menulis. Ketiga, menulis. Tidak ada tips yang khusus yang bisa dugunakan masig – masing penulis. Semua berawal dari menulis. Tentu diimbangi dengan mengisi referensi otak dengan membaca. Saya sendiri lupa, tiga langkah tersebut murni ide saya atau mengutip dari satu artikel lain.

Nah, langkah selanjutknya bagaimana menulis dengan cepat dan lancar. Namun tulisan tetap layak dan ada isi untuk dibaca?

Tulisan yang anda abaca ini adalah tulisan tercepat yang pernah saya buat. Berawal ide yang saya dapatkan dari sebuah artikel di kompas yang diterbitkan hari sabtu tanggal 19 Februari 2011 kemarin. Artikelnya membahas bagaimana menulis dengan cepat. Artikelnya ringan. Membacanya seperti menyimak orang yang sedang berbicara. Tidak mengerutkan kening. Entah tersusun dari berapa ratus kata. Mungkin dua kertas kuarto dengan spasi 1,5 dan ukuran huruf 12. Hebatnya, diakhir tulisan dikatakan bahwa tulisan itu dibuat dalam durasi 1 menit. Wah?

Dari artikel tersebut saya langsung menerapkan ide yang sama. Mencoba menulis seperti berbicara. Dan inilah hasilnya. Tulisan ini saya buat dalam durasi 4 menit. Saya menulis setelah bangun tidur di hari libur ( minggu). Belum mandi. Pintu kamarpun belum saya buka. Bagaimana menurut anda? saya yakin anda juga bisa. Bahkan mungkin jauh lebih baik. Baiklah, saya mandi dulu.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

9 thoughts on “Senam menulis

  1. Motivasi yang kuat makin mendorong kelancaran menulis🙂

  2. motivasi dan kosistensi dalam latihan memang penting mbak.

  3. Dalam empat menit bisa selesai satu tulisan untuk di posting? Wah, hebat bro. Salam.

  4. namanya juga cuman senam menulis, nulis aja seadanya. hm , terimakasih berkenan menyimak tulisan saya..

  5. Cara cepat untuk pintar menulis adl dg rajin menulis.

    4menit dah jd artikel ya…, mantap ini…,

  6. “Menulis tidak mesti seperti membuat srikpsi atau tesis. Berkerut kening, wajah kusut kurang tidur atau stress.”

    hahaha like this Bro😛

    salam kenal yah Masbro:mrgreen:

  7. Ping-balik: Senam Menulis (2) « Just Actuallizing a Little Bit of Me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s