Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

R & D: Sebuah Proposal.

2 Komentar

“Generasi siswa saat ini adalah generasi yang tumbuh dengan perangkat digital diujung jari mereka. Mereka selalu “on”, setiap saat mengirim pesan singkat melalui telepon seluler kepada teman, pertemuan dijejaring sosial, dan berinteraksi dengan dunia secara nonlinier. Ketika mereka bekerja nanti dimasa depan, mereka akan berada di lingkungan yang tergantung pada teknologi; dan ketrampilan yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk beradaptasi, belajar ketrampilan baru, dan bekerja dalam tim yang berubah tergantung pada tujuan”

Demikian cuplikan kalimat dalam latar belakang proposal tesis yang saya buat. Kalimat yang saya ambil dari paragraph pembuka sebuah buku tentang WEB 2.0. Buku yang saya beli beberapa waktu lalu di sebuah toko buku di Samarinda.

Tatkala saya mengenal salahsatu metodologi penelitian R & D, munculah ide bagaimana jika website yang pernah saya buat saya jadikan bahan penelitian tesis saya. Lumayan, tidak perlu ribet – ribet lagi memikirkan produk apa yang bisa saya kembangkan seandainya penelitian yang saya ajukan adalah R & D. Tujuannya tentu untuk menjadikan web pembelajaran. Tinggal memikirkan kontennya nantinya.

Apakah itu R & D? R & D singkatan dari Reseach and Development. Salahsatu metodoligi penelitian. Dalam bahasa saya sendiri, R & D adalah salahsatu metode penelitian untuk menghasilkan suatu produk demi tujuan tertentu.Yang perlu diuji keefektifannya dalam sebuah ujicoba dilapangan.

Tapi pertanyaannya adalah layakkah mengembangkan website dalam sebuah penelitian tesis dilakukan dengan menggunakan CMS?. Mengingat beberapa referensi tesis pengembangan website yang saya dapatkan di internet rata – rata menggunakan PHP dan MySQL. Bahkan menggunakan Dreamweaver segala. Wah, bisa keriting saya jka mesti belajar PHP atau aplikasi Dreamweaver.

Pertimbangan yang meyakinkan saya untuk menggunakan CMS bahwa yang terpenting dalam riset pengembangan tentu bukan pada delik teknisnya dalam membangun sebuah web, tapi apakah website yang saya buat valid dan efektif.

Kalau dengan CMS bisa lebih gampang dan hasilnya bagus, kenapa harus menggunakan HTML, PHP atau aplikasi Dreamweaver segala?.., Toh, wilayah keilmuan saya bukan TI, Jadi tak perlu pengetahuan teknis dalam membuat sebuah website. Tapi itu pertimbangan – pertimbangan yang menghibur diri sendiri. Alasan yang paling utama tentu saja karena saya ga bisa bahasa PHP, MySQL maupun aplikasi web Dreamweaver. Hehe.

Ada untungnya juga selama ini saya sempat bergabung forum blogger, mengintip pembicaraan blogger professional, mencuri – curi kesempatan bertanya, dan mencoba – coba hal – hal baru. Sehingga akhirnya saya termotivasi belajar menguasai salahsatu CMS sekaligus hosting web, meski akhirnya terbengkalai juga aktivitas pengembangannya.

Namun paling tidak, dalam bahasa akademisnya, ada bekal untuk menghasilkan sebuah terobosan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi dalam sebuah produk teknologi pendidikan.

Dulu, seperti halnya hobi memancing yang bisa menghabiskan waktu berjam – jam, blogging adalah aktivitas saya untuk membunuh bosan. Kualitas blogging yang paling berat dicapai menurut saya adalah konsistensi. Namun sekarang, semangat saya mulai kendur. Meski saya masih berusaha agar konsistensi blogging saya tidak mati total. Dan akhirnya ada juga gunanya aktivitas itu sekarang.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

2 thoughts on “R & D: Sebuah Proposal.

  1. asslmkm, membaca artikel mas ini saya jadi terinspirasi membuat hal yang sama, tolong bantu saya mas.

  2. kalau ada yg bisa saya bantu insyllh saya bantu mas

Tinggalkan Balasan

