Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Blogging yang tak sia -sia

7 Komentar

Kursi Blogging saya

Saya berucap dengan penuh tekanan ,“YESSS!!!”, diiringi kepalan tangan penuh tarikan urat nadi. Ketika  kemarin melihat nama saya tercantum dalam daftar nama peserta Diklat Internasional Mathematic Mobile Learning yang dirilis di web P4TK Matematika Yogyakarta.

P4TK adalah singkatan dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan. P4TK adalah  lembaga otonom dibawah naungan kemendiknas. Sejauh yang saya tahu, Selain P4TK Matematika di Yogyakarta ada P4TK IPA di Bandung, P4TK Bahasa Indonesia di Jakarta. P4TK untuk bidang studi lain yang saya kurang tahu persis pusatnya.

Menjadi  salahsatu diantara 22 guru Indonesia yang terpilih  untuk bergabung dengan guru – guru lainnya dari negara – negara ASEAN.  Kesempatan yang tidak saja mahal bagi saya, namun seakan juga suatu perwujudan mimpi kecil yang menjadi kenyataan.

Kesempatan yang saya dapatkan bagi saya adalah  perwujudan bukti bahwa tidak ada yang sia – sia jika kita mempelajari sesuatu meski terlihat membuang – buang waktu. Betapa tidak, blog mungil saya http://saifulghozi.com  lah yang  mengantarkan saya menuju kesempatan tersebut.

Pada awalnya, aktifitas blogging  saya adalah sekedar  mengabadikan catatan – catatan kecil yang ada di kepala saya. Agar yang saya renungkan tidak hanya menjadi bisul dalam otak saya. Hingga aktifitas tersebut secara tak sadar mengantarkan saya pada pemahaman teknis fitur dan  customize tampilan

Me-ngoprak wordpress membuat saya juga terpancing untuk mencoba menelisik CMS lain meski tidak sepaham wordpress. Ada Joomla, Blogger dan sekilas Drupal. Mempelajarinya setahap demi setahap. Langkah demi langkah.Satu tahapan teknis kadang membutuhkan waktu  sehari, seminggu bahkan sebulan. Tergantung cuaca sinyal modem dan keberuntungan inspirasi.

Dengan modem wireless ZTE berkartu fleksi, dan laptop butut bermemory 512 MB jangan dibayangkan sambungan internet saya diatas kecepatan rata – rata. Jika pas apes untuk sekedar upload satu posting kadang membutuhkan waktu berjam – jam.

Setiap wawasan teknis adalah buah dari aktifitas saya berkelana di blog- blog professional. Para blogger mengistilahkan aktifitas tersebut sebagai blogwalking. Mengintip forum – forum diskusi para blogger. Menggali informasi. Sehingga muncul semangat membangun rumah sendiri di dunia maya.Hingga akhirnya wawasan itu melahirkan sebuah website mungil yang berisi delik kompetensi saya sebagai seorang guru matematika. Yakni http://saifulghozi.com. Dengan segala kekurangannya.

Diklat yang  bertajuk “Mathematic Mobile Learning “ mensyaratkan calon pesertanya memiliki blog aktif. Selain persyaratan kompetensi bahas Inggris melalui uji wawancara via telephone. Skor TOEFL > 475 yang pernah saya peroleh nampaknya tidak terlalu buruk untuk menjadi peserta diklat internasional.

Dan alhamdulilah wa syukurilah blog tersbut dan sederet pessyaratan lain yang saya penuhi resmi mengantarkan saya menjadi peserta resmi diklat. Yang akan dibuka tanggal 2 november pukul 15.30 bersama perwakilan guru-guru  dari 8 negara – negara ASEAN.

Pelajaran berharga dari kesempatan saya ini adalah bahwa setiap aktifitas belajar bukan hal yang sia – sia. Bukan berarti guru  lain tidak mampu, melainkan saya beruntung mempelajari sesuatu yang tidak sempat orang lain pelajari.

Semoga kegiatan diklat di Yogyakarta dengan segala aktifitas saya selama dua minggu di kota pendidikan sekaligus kota budaya Yogyakarta memberikan banyak pelajaran berharga dan juga wahana cuci kejenuhan. Hehe

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

7 thoughts on “Blogging yang tak sia -sia

  1. luarrrrrrrrrrrrrrr biasaaaa salutttttt buatt sahabat kecilku yang cerdas

  2. selamat, Bapak.
    seperti yang saya rasakan dan saya alami juga, blog sering kali memberi pengalaman yang luar biasa.
    keep blogging…

  3. selamat, Bapak…
    seperti yang saya rasakan dan saya alami juga, blog seringkali memberi pengalaman yang luar biasa.
    keep blogging.

Tinggalkan Balasan

