Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Mathematic Mobile Learning (catatan ke- 2 di kota Jokja )

2 Komentar

Setelah 5 hari bergelut dengan delik materi  Mobile Learning di P4TK Yogyakarta, malam minggu kemarin saya bersama beberapa teman participant diklat menyempatkan diri  menikmati jalan marioboro dimalam hari. Menghilangkan penat dan mencicipi secuil aroma wisata Jokja.

Klise rasanya mengomentari dan menceritakan suasana jalan Marioboro dimalam hari. Sensasi dan  denyut aktifitas jalan ini sudah menjadi  brand bagi para pecinta wisata kota dan budaya di negeri ini. Sebab Yogyakarta adalah salahsatu episentrum budaya Jawa dan juga pendidikan.

Namun Yogyakarta  memberikan sedikit kenangan yang bisa menjadi bahan cerita dan catatan hidup bagi saya.

Kenangan itu saya coba raba tatkala duduk sejenak di ujung jalan marioboro. Diantara pedagang kaki lima,  temaram lampunya, hiruk pikuk wisatawan malam, dan keramaian kendaraannya. Sama sekali  tak sing dari sederetan suasana di jalan ini. Mungkin karena sepuluh tahun yang lalu, selama tujuh hari berturut – turut saya menyusuri jalan ini.

Ada juga  aroma rindu yang dulu sempat saya rasakan tentang kota ini. Tentang surat – menyurat yang dulu pernah saya alamatkan untuk gadis berkerudung yang kuliah di kota ini. Tatkala HP blm punya, FB belum ada dan blackberry belum ditemukan teknologinya.

Gadis  itu kini sudah memiliki putri lucu bersama  lelaki pilihannya, seperti yang ia ceritakan setahun yang lalu. Dan saya menyebutnya di tulisan ini bukan bermaksud mengenangya dengan lebay, namun hanya sebagai pelengkap cerita aroma hati tentang kota ini.

image by : Canon N65

Pada sisi cerita yang lain, hampir sepuluh tahun yang lalu, tujuh hari dan tujuh malam saya pernah menghabiskan waktu di kota ini. Menyusuri jalan marioboro menjelang subuh yang lengang. Melewati deretan lapak – lapak  ditutupi terpal yang ditinggal pemiliknya. Dan mengamati denyut nadi para pedagang dan pengamen yang kreatif setiap  pukul 4 sore.

Kejadian yang tak mungkin saya lupa, tatkala menemani kawan sejawat  kuliah saya  selama 7 hari 7 malam,  menghabiskan uang 7 ½ juta hasil penjualan motor milik bapaknya untuk dipertaruhkan disebuah kasino tiga lantai di jalan mangkubumi.  Menemaninya hari demi hari untuk berjudi.

Beruntung tidak sepeserpun saya tertarik ikut berjudi. Karena ketertarikan  utama saya waktu itu adalah punya kesempatan jalan – jalan ke Jokja.

Tapi itu dulu. Saya ke kota ini sekarang bukan untuk sekedar jalan – jalan. Atau untuk bernostalgia. Saya menyebutnya ini adalah tugas negara. Karena saya adalah satu diantara 22 guru yang terpanggil untuk mengikuti suatu diklat regional se ASEAN. Demi meningkatkan ketergunaan teknologi dalam pembelajaran.

Kamar yang saya tempati kualitasnya mungkin seharga 194 ribu jika di Hotel Herlina langganan saya di Tanjung Redeb. Lengkap dengan AC, TV dan fasilitas mandi air panas. Jika saya tidak sungguh – sungguh dan ikhlas dengan delik materi dan tugas, berarti saya menghambur – hamburkan uang Negara dan kesempatan belajar.  Sekali lagi bukan untuk jalan – jalan. Kecuali jika diklat sudah selesai.Hehe

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

2 thoughts on “Mathematic Mobile Learning (catatan ke- 2 di kota Jokja )

  1. lain kali mau dong ikut gabung di acara ini.

  2. saya tahu dari website, salahsatu syaratnya punya blog aktif, dan anggota MGMP. Sy dftar, di wawancara via tlpn, ketrima deh. Insyllh b leni pasti bisa gabung asal tau infonya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s