Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Beberapa hari setelah diklat.

2 Komentar

Ketika saya bertanya ke siswa di beberapa kelas SMP dan SMA, “Siapa yang belum pernah mengakses internet lewat laptop atau komputer?”. Ternyata masih ada  separuh lebih yang  angkat tangan. Hmm, hari gini belum  pernah internetan.??

Dan ketika saya bertanya lagi, ” Siapa yang belum pernah mengakses internet meskipun hanya lewat HP?”. Sama sekali tidak ada yang angkat tangan.

Artinya semua siswa saya yang notabene hidup di daerah terpencil ( bahasa kerennya “remote area”)  pernah  mengakses internet melalui HP. Tentu ini sebuah potensi ditengah keterbatasan mereka yang hidup jauh dari perkotaan.

Lebih lanjut saya bertanya ke siswa, ” Apa saja yang kalian akses di internet melalui HP ?”. Jawabannya mayoritas “FB-an”, “twitter-an”, download game, dan beberapa yang mengakses google.

Nah, berarti ada potensi yang sebenarnya bisa dikembangkan untuk memberi muatan belajar dalam aktifitas online mereka meski hanya melalui HP. Dan berarti konsep  Mobile Learning bisa dijalankan lingkungan saya mengajar.

Demikian pengamatan awal saya terhadap potensi pengembangan Mobile Learning di sekolah. Maklum, sepulang dari diklat dua minggu tentang materi terkait. Semangatnya masing hangat – hangat kuku. Hehehe.

Semoga tidak seperti kebiasaan banyak guru. Sepulang dari  diklat langsung seperti mahasiswa baru lulus sarjana. Langkahnya tegap tatkala masuk kelas, bersemangat seakan baru saja menjadi guru.

Berteori sana – sini. Bercerita ini – itu. Beropini bahwa seharusnya begini dan begitu. Tapi lama – kelamaan seiring kakinya yang mulai menginjak bumi, sang guru loyo, hilang teori dan kembali seperti sedia kala.  Hehehehe..

Oke, kembali ke topik semula.

Sesuai dengan pengamatan awal saya,  yang saya coba  lakukan adalah mengembangkan blog yang khusus dikembangkan untuk diakses melalui HP. Mengakses sebuah blog memang identik dengan sambungan internet dan perangkat laptop atau komputer.

Namun tahukah anda bahwa kini telah berkembang blog yang berbasis WAP ?. Yang dikembangkan khusus untuk para pengakses melalui Hanphone.

Dengan demikian mengekases blog tidak harus membuka laptop atau komputer. Bisa lewat HP dengan  browser yang berbasis WAP. Aksesnyapun lebih ringan dengan meminimalkan fitur animasi dan gambar.

Kelebihannya adalah blog bisa diakses lebih ringan dimana – saja , ringan dan terjangkau bagi siswa yang tidak sempat browsing melalui PC. Bisa sambil nunggu bis di halte, baring – baring di kasur dll.

Salahsatu tampilan web di HP

Mobileweb dapat dibuat secara gratis dengan http://mywibes.com , http://xtgem,  http://mywapblog.com.

Membuatnya cukup mudah. Tidak serumit CMS.  Cukup membuat akun di web penyedia – penyedia layanan web mobile tersebut, aktifasi e-mail dan kemudian mengisi  kontennya.

Web mobile ini cocok untuk memberikan muatan belajar dalam aktifitas online siswa melalui HP. Sesuai dengan konsep  Mobile learning, khususnya Mathematic Mobile Learning. Yang digalakkan oleh p4tk Matematika.

Selain info – info menarik,  konten didalam web mobile dapat  perluas. Salahsatunya dengan upload kuis matematika sederhana berbasis JAVA, sehingga  siswa berkesempatan mendownload dan menginstalnya.

Contoh webmobile yang telah saya buat adalah http://mathsubject.mywibes.com.

Selamat mencoba membuat web mobile jika anda tertarik.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

2 thoughts on “Beberapa hari setelah diklat.

  1. M-Learning ya, Mas? Sebuah terobosan dalam dunia pembelajaran. Sy mau coba buat akun mywibes

  2. Bertu pak Mobile learning. monggo p mursyid..smga info yg berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s