Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

TIPS menjelang Ujian Nasional

4 Komentar

image : pustakasekolah.com

image : pustakasekolah.com

Ujian Nasional sudah di depan mata. Bagi kalian para siswa peserta UN 2012 berikut sedikit tips untuk persiapan menghadapi Ujian Nasioanal :

1. Pastikan kesehatan badan kamu baik.  Ujian susulan memang ada bagi yang sakit, tapi bagaimanapun secara psikis melewati ujian bersama teman – teman sejawat akan lebih nyaman.

2. Tinggalkan aktifitas hiburan, dan rutinitas yang berpotensi menguras tenaga dan pikiran. Semisal bepergian jauh, aktifitas hingga larut malam dan lain – lain.

3. Jangan mengejar materi yang tidak mungkin terkejar. Utak – atik soal hanya tentang matematika limit atau kimia teori atom    berhari hari di hari- hari terakhir menjelang UN tentu tidak efektif. Lakukan pemantapan – pemantapan  atau review materi – materi yang sudah kamu pelajari.

4. Bertanya materi yang dirasa ragu di hari – hari terakhir pada guru dapat menambah kepercayaan diri kamu menghadapi ujian. Jadi yakinkan ada guru kamu atau teman yang ramah dalam berbagi  disamping kamu untuk bertanya materi – materi yang kamu ragukan.

5. Pastikan alat tulis kamu valid, yaitu pensil 2B dan penghapus yang baik. Sebab korektornya bukan manusia melainkan komputer. Tidak ada toleransi dengan kesalahan teknis. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal.

6. Pastikan 15 menit sebelum masuk ruangan kamu benar – benar rileks dan tidak lagi membuka buku perlajaran. Sebab menyimak  materi di detik – detik terakhir tidak banyak membantu. Dan justru berpotensi menimbulkan kepanikan psikis.

7. Saat kamu mengerjakan soal-soal UN, kondisikan diri kamu dalam  keadaan konsentrasi penuh. Tapi rileks. Tidak tegang. Tidak panik. Tegang hanya akan membuat energi otak kamu cepat terkuras. Panik membuat kamu mengerjakan soal secara ceroboh dan terburu-buru. Sehingga mudah terkecoh oleh jawaban yang salah.

8. Yakinlah keberhasilan datang dari usaha kamu sendiri, bukan dari orang lain. Kurangi persaan bahwa kamu membutuhkan bantuan orang lain ketika tes.

9. Berdo’a dengan tulus kepada Tuhan YME di malam hari, merenungi segala usaha dan kesalahan, akan menenangkan kamu menghadapi apapun hasil yang kamu dapatkan. Dan menghindarkan kamu dari perasaan mengeluh dan menyalahkan oranglain.

10. Mintalah dukungan do’a kepada ayah dan ibu sebelum berangkat. Tidak perlu dengan cara yang lebay berpelukan, menangis dan lain sebagainya. Cukup meyakinkan diri  bahwa usahamu di dampingi doa orangtua dan guru.

11.  Yakinlah setelah kamu melewati Ujian segalanya akan berjalan dengan baik. Bernafas dengan lega dan masa depan akan terbuka untuk langkah selanjutnya.

Selamat menempuh Ujian Nasional 2012!

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

4 thoughts on “TIPS menjelang Ujian Nasional

  1. Dari HP ber_antena hingga melek teknologi blogging..;
    sukses buat kang Ghozi

  2. . HP pertama yg bisa dibeli Siemen c45, namum hilang dr kamar kos setelah 3 hari beli. Hmmm. hehe, sek eling wae om saikul nih

  3. Tips-tips yang sangat membantu sekali bagi siswa/siswi yang mau UN.
    Sukses selalu pak…

  4. thanks ya….tips ini sangat membantu saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s