Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Senam menulis (1) : catatan liburan akhir tahun.

Tinggalkan komentar

Pagi ini saya mencoba senam menulis. Mengasah otak dan melatih jemari setelah bangun tidur. Disaat jendela kamar belum sempat saya buka.

hotel1

Lobi Hotel Ameera

Di akhir tahun  saya memutuskan untuk bergabung dengan paket wisata liburan dengan teman – teman unit sekolah SD. Base camp liburan bertempat di sebuah hotel sederhana di jalan Dagen kawasan Marioboro Yogyakarta.  Nama hotelnya adalah Ameera.

Sebuah hotel sederhana tiga lantai bernuansa Jawa yang  berada diantara jajaran hotel – hotel dikawasan jalan wisata Marioboro. Tidak ada lift atau kolam renang. Karena konsep layanan hotel disekitar daerah ini kebanyakan adalah wisata kota kawasan Marioboro.

Hari pertama adalah  wisata kunjungan di pusat kerajinan kulit di Manding km 11,5. Tepatnya di  Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul.  Lumayan disini saya dapat sepatu kulit warna coklat denga label harga Rp125.000.Dengan sedikit diplomasi penawaran akhirnya dapat juga potongan 10.000, lumayanlah. Jika berminat ada juga aneka tas dan jaket dengan kualitas kulit yang baik.

hotel

Susana pagi di lobi hotel.

Sepatu dengan kualitas yang sama pernah saya beli dengan harga Rp 300.000 di Kalimantan.

Hari itu juga wisata dilanjutkan ke pantai Parangtritis.Wisata pantai bagi saya kurang menarik. Beberapa kali pergi ke Pulau  Derawan ditambah lagi memang hidup di kota pinggir pantai, membuat wisata pantai Parangtritis kurang memberi suasana baru. Hanya ajang kebersamaan saja dengan teman – teman. Terlebih terik matahari yang menyengat menjelang sore mengurungkan saya mendekati air laut.  Balik lagi hari itu kami ke Jokja.

Esoknya dari Jokjakarta kami menempuh perjalanan sekitar 3 jam menuju Magelang. Mengunjungi wisata pemandangan gunung Merapi dari sisi barat. Bersebelahan dengan gunung Merbabu. Tepatnya adalah wisata Ketep Pass Magelang.

ketep1

Lokasi : Gunung merapi dilihat dari Ketep Pass Magelang. 30 desember 2013. Kamera Samsung S4.

Dari tempat ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi,Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet. Ada juga fasilitas mini teater yang memutar film dokumenter letusan gunung Merapi dari jaman bahulak hingga letusan terakhir tahun 2010 yang lalu. Udaranya yang sejuk membuat jagung bakar dan mendoan yang dijajakan di kawasan ini menjadi kian nikmat.

Rasa manis jagung bakarnya yang tanpa mentega berbeda dengan jagung bakar kawasan Melawai  Balikpapan. Demikian juga tempe mendoaannya,  berbeda dengan yang ada di lapangan merdeka pertamina. Apalagi harganya, hehe..

Sepulang dari Ketep Pass wisata dilanjutkan dengan rafting di sungai Ello Magelang. Pilihan travel di  sungai  Ello cukup  tepat karena tingkat kesulitan dan bahayanya sangat rendah untuk berwisata arung jeram atau rafting bersama keluarga atau teman kantor. Terlebih untuk pemula seperti saya.

Tiga jam menyusuri sungai dengan airnya yang sangat jernih, pemandangan alam yang sejuk dan guide yang ramah. Tarifya Rp 150.000 sudah dapat Snack dan layanan makan prasmanan dengan menu dan suasana yang khas Jawa. Plus bonus sebuah kelapa muda ditengah perjalanan arum jeram.

rafting

Lokasi : Sungai Ello Magelang 30 Desember 2013

Sesi wisata arung jeram ini menurut saya yang paling berharga. Suasana kebersamaan, nuansa alam, jernihnya air, sejuknya udara, dan uji andrenalin yang tidak terlalu tinggi cukup membuat otot kepala dan hati rileks. Anda yang jenuh dengan aktifitas kerja boleh dicoba..!!:)

Hari ketiga, tujuannnya adalah wisata bukit dieng di Banjarnegara. Namun belakangan diganti dengan wisata goa dan air terjun Sri Gethuk di kawasan gunung kidul Yogyakarta. Dan malam harinya bersama teman menikmati aroma khas keramaian Yogyakarta. Dimana lagi kalau bukan di jalan Marioboro…!!

Bersambung… di senam menulis (2).

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s