Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Lima Kunci Untuk Membuka Potensi Diri

Tinggalkan komentar

buku

Buku karangan Jane Ballack dan Jan Slater + kacamata saya:).

Posting ini bukan karangan saya sendiri, tapi saya sadur dan saya adaptasi dari sebuah buku. Sambil menunggu siswa kelas 9 yang sedang mengerutkan kening mengerjakan soal – soal matematika Ujian Akhir Sekolah. Buku tersebut ditulis oleh Jane Ballack dan Jan Slater. Konsultan pengembangan karir sebuah perusahaan konsultasi di Newport Beach, AS.

Singkat kata. Kunci untuk membuka potensi karier adalah memahami diri sendiri. Nah untuk memahami diri sendiri , kita perlu menganalisis lima bidang berikut :

  • Sikap dan motivasi
  • Lingkungan kerja
  • Orang, data, atau benda yang terkait
  • Ketrampilan
  • Kompensasi

Kunci no 1: Sikap dan Motivasi dalam bekerja

Apakah sikap anda mempengaruhi pilihan karier ? Tentu. Sebagian besar sikap kita terbentuk pada awal – awal kehidupan kita. Meskipun demikian, motivasi untuk bekerja akan berubah setelah kita matang, menikah, memiliki anak, atau memasuki tahap kehidupan dewasa.

Kunci no 2: Lingkungan Kerja yang Anda Inginkan

Untuk beberapa orang lingkungan adalah faktor yang penting dalam menentukan pekerjaan. Tapi sebagian yang lain tidak. Lingkungan yang dimaksud adalah bidang atau industri yang diminati, ukuran organisasi, jenis pekerjaan dan irama kerjanya, serta budaya kerja yang disukai. Tapi masih ada satu yang menurut saya terlewat yaitu suasana kekeluargaan yang terbangun di lingkungan kerja. Yang terakhir saya tambahin sendiri lho..

Singkatnya, kecocokan antara lingkungan kerja yang anda inginkan dan butuhkan dengan yang ditawarkan dalam dalam pekerjaan sangatlah penting.

Kunci no 3: Orang, Data, dan Benda yang Anda Inginkan dalam Bekerja.

Beberapa orang tidak begtu peduli bekerja dengan siapa, data yang bagaimana, atau megerjakan apa. Seorang anak muda yang hobinya bermain game dan utak atik sofwrae, akan sangat baik memang jika ia menjadi programmer dengan spesifikasi pemrograman game. Dia mungkin saja tidak mempertimbangkan kebutuhan untuk berbicara dengan orang lain. Satu atau dua jam di depan komputer atau laptop memeang ideal baginya. Tapi sepuluh jam sehari hanya berkutat dengan laptop bisa membuatnya gila.

Cukup 50% dari total jam kerja anda untuk berkutat dengan data untuk mengimbangi kebutuhan interaksi anda dengan orang lain. Demikian anjuran para pakar. Demikian juga jika anda berkutat dengan benda atau alat yang menyenangkan anda, kebutuhhan interaksi dengan orang lain harus sangat dipertimbangkan.

Tanyakan dengan diri sendiri. Anda ingin bekerja dengan siapa, benda apa, atau data apa yang membuat ada senang. Ini salahsatu kunci untuk membuka potensi karir anda.

Kunci no 4: Ketrampilan yang Anda Miliki.

Hanya sedikit orang yang menyadari ketrampilan yang dimilikinya. Kita semua memiliki ketrampilan yang tidak kita pernah kita pikirkan sebelumnya. Ketrampilan yang sebenarnya bisa membuat kita bisa pindah – pindah dari karir yang satu ke karir yang lain.

Salahsatu kegiatan dalam menggali ketrampilan adalah mengidentifikasi ketrampilan yang disukai. Yaitu ketrampilan yang mudah memanfaatkannya dan menyenangkan. Tentu dengan kualitas ketrampilan diatas standar rata – rata orang lain.

Kunci no 5: Imbalan Uang yang Anda Harapkan.

Bagi sebagian orang, uang menjadi pertuimbangan utama dalam menentukan pilihan karir. Dan sebagian yang lain uang bukanlah pertimbangan utama. Tetapi kebanyakan orang menganggap uang sebagai hal penting, walaupun bukan segala- galanya. Jujurlah pada diri anda, seberapa besar perhatian anda terhadap kompensasi yang dihasilkan ketika menentukan pilihan karir.

Menjadi guru misalnya. Akan salah orientasinya jika anda ingin kaya secara cepat. Atau anda ingin hidup secara sederhana dan penuh kasih sayang orang- orang yang tulus, tetapi anda terobsesi menjadi politisi. Kedua contoh tersebut adalah paradoks yang sederhana.

Akhir kata, jika anda mengetahui apa yang anda inginkan, dan memahami apa yang harus anda tawarkan anda akan menemukan karir yang sangat menjanjikan dan memuaskan.

Bagaimana dengan anda..??

 

 

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s