Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Gaudeamus igitur

Tinggalkan komentar

GaudemusWisuda adalah momen seremonial yang penting bagi banyak mahasiswa yang telah selesai menempuh jenjang pendidikan tinggi. Acaranya biasa dikemas cukup sakral dengan ornamen baju toga wisuda yang khas.

Beberapa hari yang lalu saya menghadiri acara wisuda. ketika wisudawan/ti masuk ruangan dinyanyikanlah sebuah hymne yang mirip paduan suara khas religi gereja. Liriknya bukan bahasa inggris.Saya menduga itu bahasa latin. Disebutkan MC bahwa judul lagunya adalah “Gaudeamus igitur”. Saya tertarik dengan lagu tersebut. Tiga kali saya menghadiri wisuda di kampus berbeda, selalu ada lagu tersebut.

Belakangan saya baru tau bahwa lagu tersebut lazim dinyanyikan dalam setiap gelar wisuda di perguruan tinggi. Saya tidak sempat memperhatikan lagu tersebut diacara wisuda saya dulu, apakah ada atau tidak. Kemungkinan besar tentu ada.

wisuda1

Wisuda Politeknik Negeri Balikpapan 2014

Saya cari dari berbagai sumber tentang lagu ini. Lagu Gaudeamus igitur adalah lagu berbahasa Latin yang artinya “Karenanya marilah kita bergembira”. Merupakan lagu seremonial akademik dan sering dinyanyikan di berbagai negara Eropa. Di negara-negara Barat, lagu ini dinyanyikan dalam upacara kelulusan. Gaudeamus ini pada zaman dahulu di jerman merupakan lagu perjuangan kebebasan akademi.

Liriknya mencerminkan semangat para pelajar yang tetap semangat meskipun dengan pengetahuan bahwa pada suatu hari nanti kita semua akan mati, lebih lanjut lagu ini mengandung arti kesadaran akan dekatnya kematian dengan kehidupan manusia di bumi ini.

Lagu ini sempat dituduh sebagai lagu yang menggambarkan hedonisme dan kemewahan. Karena di negara Barat lantunan lagu tersebut biasa dibarengi minum  wine dalam glamornya pesta. Padahal sebenarnya liriknya menggambarkan adanya pengakuan akan adanya mati, surga dan neraka.

Lagu ini sering dinyanyikan saat bersulang dalam perayaan keberhasilan semisal wisuda. Itulah sebabnya Gaudeamus Igitur banyak dipakai di hampir seluruh universitas di dunia dalam acara wisuda. Akhirnya tahu juga saya kenapa ada lagu Gaudeamus Igitur di acara wisuda.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

Tinggalkan Balasan

