Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Selamat bagi yang lulus SNMPTN,,

Tinggalkan komentar

lulus-snmptn-2014Memilih perguruan tinggi dan program studi setelah lulus SMA adalah tonggak penting bagi para lulusan SMA menapaki masa depannya. Memilih prodi dan perguruan tinggi untuk kuliah tidak sesederhana memilih menu makanan di warung padang, asal punya uang bisa beli apa saja sesuai keinginan.

Untuk bisa lulus SNMPTN di jurusan dan PTN idaman, ada kombinasi kemampuan akademik, kemampuan finansial, passion, dan analisa persaingan. Tidak sedikit para lulusan SMA yang terlalu idealis hanya fokus pada passion tanpa menghitung kemampuan akademik dan tingkat persaingan. Prodi kedokteran pada pilihan pertama dan pilihan kedua kesehatan masyarakat misalnya. Alhasil, ujung – ujungnya ia harus kecewa dan akhirnya dihadapkan pada pilihan kampus swasta dengan biaya yang selangit karena gagal masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jika orangtuanya berduit tidak masalah, tapi jika tidak akhirnya pilihan yang realistis ia ambil pada waktu yang sudah terlambat. Sehingga tidak sedikit yang merasa kuliah di bidang yang ia sebenarnya kurang minati dan merasa kurang semangat menekuni bidang studi yang dijalani.

Hal diatas adalah gambaran betapa pentingnya persiapan, analisa persaingan dan strategi untuk bisa masuk di Perguruan Tinggi Negeri lewat kalur tes SNMPTN. Tidak heran jika sekolah – sekolah di Jawa lebih mendominasi keberhasilannya masuk di PTN – PTN favorit karena iklim kompetisi dan arus informasi persaingannya lebih baik. Peran orangtua didalam pendampingan dan motivasi juga cukup penting.

Membahas strategi masuk PTN mestinya sudah lewat, sebab hasil SNMPTN sudah dirilis beberapa hari yang lalu. Bagi yang sudah lulus saya ucapkan selamat, dan yang belum jangan patah semangat karena ada banyak jalan menuju kesuksesan.

Dari berita KOMPAS, berikut saya kutip hasil urutan PTN-PTN dengan peminat terbanyak tahun ini berdasar pendaftaran SNMPTN 2015. Tentu tiap tahun berubah – ubah. Tapi bisa menjadi acuan bagi kalian yang akan bersaing di tahun 2016;

  1. Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan 74.159 pendaftar;
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 66.748 pendaftar;
  3. Universitas Brawijaya (UB) dengan 64.653 pendaftar;
  4. Universitas Sumatera Utara (USU) dengan 61.464 pendaftar;
  5. Universitas Diponegoro (Undip) dengan 58.789 pendaftar;
  6. Universitas Indonesia (UI) dengan 42.484 pendaftar;
  7. Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan 47.463 pendaftar;
  8. Universitas Sriwijaya (Unsri) dengan 42.432 pendaftar;
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan 50.673 pendaftar; dan
  10. Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan 52.121 pendaftar.

Total pendaftar SNMPTN 2015 sebanyak 852.093 siswa dari seluruh Indonesia dan hanya meluluskan 137.005 orang.

Sekali lagi selamat bagi kalian yang sudah berhasil.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s