Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Sejenak belajar di kota Bandung,,

1 Komentar

Interior Airbus A330 (Image from jpnn.com)

Saya sengaja memilih rute pesawat Balikpapan-Jakarta kemudian lanjut via tol darat untuk menuju Bandung. Ingin mencoba sensasi naik pesawat garuda Airbus, yang konon seri pesawat canggih dengan ruang yang luas. Pesawat  dengan seri Airbus A-330  tersebut baru dioperasikan april 2015 yang lalu untuk rute Balikpapan-Jakarta.

Ternyata benar, pesawat yang berkapasitas 260 penumpang terbagi dalam 2 lorong. Terasa sangat luas dibanding pesawat-pesawat   yang saya naiki biasanya. Getaran take off dan landingnya tidak terlalu terasa. Lumayanlah untuk memperbaiki pengalaman naik pesawat. Harga tiket tidak saya permasalahkan kali ini. Mumpung dibiayai negara.Hehe,

Tujuan saya adalah ke kota Bandung. Tepatnya menuju kampus Institus Teknologi Bandung ( ITB), sebuah kampus papan atas yang menyandang nama besar sebagai salahsatu kampus paling produktif dalam menghasilkan guru besar dan jurnal ilmiah internasional khususnya di bidak teknik dan ilmu rekayasa di Indonesia.

Pengumuman yang dirilis Dikti beberapa hari yang lalu mengantarkan saya sebagai salahsatu peserta program Dosen Magang Dikti 2015, dan saya ditempatkan di ITB sebagai salahsatu Perguruan Tinggi Pembina bersama 15 dosen lainnya dari seluruh penjuru Indonesia.itb

Jika melihat sekilas bentuk gedungnya, kampus ITB nampaknya biasa saja. Namun standar akademik yang tinggi dan kultur kerja keras sudah mulai nampak dari gaya penyampaian sambutan pejabat pembina magang ITB Prof. Bambang Sunendar. Konon mahasiswa ITB terkenal sangat militan dalam membangun kepercayaan diri mengemban nama besar almamaternya.

Sejak saya dinyatakan diterima menjadi dosen tetap di lingkungan kemenristek & dikti setahun yang lalu, saya sadar bahwa saya harus berlari cepat diatas rata- rata dalam membangun profesionalisme saya sebagai dosen. Jika tidak, saya akan semakin tenggelam dalam ketertinggalan karena saya menjadi dosen dengan start yang memang agak tertinggal.

Karena itulah begitu saya membaca ada program magang dosen muda Dikti saya langsung pelajari dan program inilah yang tepat untuk saya. Saya putuskan untuk mengajukan diri ke pimpinan, alhamdulilah disetujui dan akhirnya mendaftar dan terpilih.

magangMenyimak berbagai materi langsung dari para para dosen senior dan merasakan denyut nadi aktifitas akademik kampus ITB diharapkan akan mengangkat kualitas dan membuka pintu wawasan dosen muda seperti saya. Agar saya bisa meloncat keluar tempurung dan tidak terkungkung oleh kenyamanan tempat mengajar.  Tugas dosen tidak hanya mengajar, tapi ada beban produktifitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Selama 5 bulan kedepan akan ada banyak program yang harus saya ikuti sesuai yang telah disusun oleh panitia. Semoga istri yang  saya tinggalkan sabar dan ikut mendoakan kegiatan ini bermanfaat. Dan semoga ada banyak hal yang bisa menjadi bahan untuk menghidupi  blog ini.

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

One thought on “Sejenak belajar di kota Bandung,,

  1. Wah pak dosen muda! Kece euy, semoga dapat banyak ilmud an pengalaman ya di ITB😀

Tinggalkan Balasan

