Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Nuzulul Qur’an di Balikpapan Islamic Center

Tinggalkan komentar

IMG_20160623_222354

Alhamdulilah menyimak langsung ceramah pak Mahfud MD

Beberapa cerita perjalanan hidup Prof. Dr. Mahfud MD yang disampaikan  dalam kesempatan ceramah Nuzulul Qur’an di Balikpapan Islamic  Centre tadi malam, sebagian sudah sempat saya simak di buku bibiografinya yang beli dua tahun yang lalu. Salahsatunya tentang bagaimana tanpa diduga beliau menjadi menteri pertahanan di era presiden Gus Dur. Meskipun secara detil perjalananya untuk menjadi penteri pertahanan cukup panjang untuk dikupas.

Satu jam lebih pak Mahfud MD menyampaikan ceramah agamanya di depan  jajaran walikota dan muspida Balikpapan dan  5 ribuan  jamaah yang ada di dalam masjid terbesar di Balikpapan tersebut. Rasanya masih kurang buat saya untuk menyimak paparannya lebih lanjut. Berada di barisan keempat shof jamaah sholat tarawih, membuat saya leluasa menyimak gesture dan caranya menyampaikan paparan ceramah. Menyimak langsung ceramahnya membuat saya merasa sangat beruntung, karena pak Mahfud MD adalah salahsatu tokoh nasional yang saya kagumi. Sosoknya yang apa adanya, dari bukan siapa- siapa, cara pandangnya lurus, berani dan tegas, wawasan agamanya baik dan beliau berasal dari lingkungan pesantren tradisional NU. Ketokohannya sudah diakui banyak orang di negeri ini.

Tampilan fisik pak Mahfud MD tidak terlihat klimis layaknya tokoh penting. Tidak juga berjubah dan bersorban layaknya dai atau ulama. Pakai batik, dan peci hitam seperti penampilan pak ketua RT dikampung saya saja. Tidak juga memakai baju koko. Tapi kharismanya dalam menyampaikan paparan ceramah sangat akademik, penuh kajian empiris, runtut, mudah dicerna dan terlihat cerdas menghayati fenomena – fenomena kehidupan dan dihubungkannya dengan ayat – ayat alqur’an.

IMG_20160623_212800

Narsis ditengah jamaag sholat tarawih di Balikpapan Islamic Center

Mengutip tulisan yang ada di buku bibiografi pak Pahfud MD, Ia ibarat toko serba ada. Ia memiliki pengalaman yang lengkap. Dalam perjalanan karirnya Ia sudah pernah mengisi semua posisi pada cabang – cabang kekuasaan dalam konsep trias politica yang dicetuskan John Locke. Di eksekutif dia pernah menjadi menteri pertahanan, di legislatif Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR dari PKB, dan dalam cabang yudikatif pernah mengisi posisi puncak sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Islam menerima rasionalitas, tapi islam menolak rasionalisme. Demikian salahsatu penggalan ceramahnya. Sehebat apapun manusia, ada hal ghaib yang harus dipercaya yang tak akan mampu dipahaminya. Ada sesuatu yang diluar nalar manusia namun bisa terjadi jika Allah berkehendak. Sekilas perjalanan karirnya dari mulai bukan siapa – siapa sampai Ia menjadi sosok terkenal di negeri ini Ia percaya adalah wujud dari kekuatan kehendak Allah atas manusia. Tak lupa ada pelajaran antikorupsi dan ihtiar dalam meraih ketenangan dalam kehidupan. Bahwa yang terpenting dalam kehidupan ini adalah ketenangan. Wasiat utamanya adalah banyak – banyaklah membaca al’quran karena al-qur’an adalah sumber ketenangan.

IMG_20160623_224645

Salahsatu Menara BIC

Kesempatan menyimak ceramah pak Mahfud MD melengkapi rasa syukur saya atas megahnya masjid yang didirikan di kota yang konon berjuluk madinatul iman ini. Dalam sambutan pak walikota, masjid yang belum diberi nama ini menghabiskan dana 320 Milyar dari APBD Balikpapan dan rencananya dapat tambahan 5 Milyar dari ABD Propinsi Kalimantan Timur. Masjid berkapasitas 10 ribu jamaah ini dilegkapi sebuah menara besar yang dapat digunakan untuk melihat kota Balikpapan dari ketinggian 68,5 meter. Pada awalnya lebih dari itu, belakangan direndahkan menaranya dari planing semula karena pertimbangan keamanan penerbangan di kota Balikpapan.

Meskipun bangunan masjid belum kelar 100%, namun kemegahannya sudah sangat terlihat. Konon bentuk arsiteksturnya mirip dengan masjid Nabai di Arab Saudi. Kemegahan dan kebesaran bangunannya seakan mensejajarkan diri dengan masjid terbesar di Kalimantan Timur, yaitu Samarinda Islamic Centre.

Semoga berdirinya masjid ini mampu meningkatkan kualitas keislaman warga Balikpapan, dan dapat menjadi ikon ibadah yang humanis dan nyaman bagi warganya, termasuk saya.

 

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s