Just About Mymind

Karya Dalam Perjalanan

Inspirasi dari Para Pensiunan (Catatan di Kota Bandung : 4)

2 Komentar

Salahsatu sudut kamar asrama tamu ITB

Beberapa essay dari kegiatan magang saya di ITB tahun 2015 rencananya saya buat buku. Apalah daya, rencana tinggal rencana. Daripada mengendap di komputer tak terbaca, mending saya share di blog saya yang sudah mulai berkarat ini. Semoga saja bermanfaat. Insyyallah essay yang lain akan saya posting juga. Jika Tuhan berkehendak, masih ada niat mengumpulkan essay- essay menjadi buku.

Panitia pengelola magang menenempatkan kami di sebuah guesthouse milik ITB. Yakni sebuah asrama tamu ITB yang terletak di jalan Dago Utara Bandung. Asrama tamu ITB adalah sebuah wisma singgah untuk tamu kolega ITB , termasuk mahasiswa dalam dan luar negeri yang bekerja sama dengan ITB dan memerlukan tempat tinggal sementara.

Terletak di ujung jalan wisata dago, dalam satu kawasan komplek kampus pascasarjana UNPAD dan rumah-rumah kelas menengah keatas yang berdiri rapi. Konon daerah tersebut termasuk salahsatu kawasan tinggal elit di jamannya. Beberapa dosen senior ITB dan UNPAD tinggal dikawasan tersebut. Asrama yang kami tempati bersebelahan dengan rumah Professor emeritus UNPAD yang juga seorang dokter Gigi yang sudah purna tugas dari UNPAD. Miripnya bentuk bangunan dan letaknya yang mepet dengan asrama tamu ITB  membuat beberapa peserta magang sempat salah alamat tatkala datang pertama kali di asrama tamu ITB.

Daerahnya yang berbukit, menjadikan  asrama serasa villa dengan deretan pohon –pohon tua rimbun nan sejuk. Kawasan dan pemandangannya menggambarkan dinginnya kota Bandung. Terlebih kabut paginya yang seringkali menutupi pandangan jalan disetiap pagi.

Suhu jam 10 siang  rasanya mirip suhu jam  tujuh  pagi di kota kami di Balikpapan. Tak heran, meski jam sudah menunjukkan pukul 9 pagi saya masih bisa memulai kegiatan jogging karena suhu dan cuacanya masih cukup dingin.  Butuh dua putaran lari untuk menghilangkan suhu dingin dan bisa keluar keringat.

Selain saya memang suka aktifitas joging, ada motivasi olahraga disetiap pagi dikawasan ini yang berangkat dari suatu kejadian. Suatu saat, pada hari sabtu pagi setelah sholat subuh saya mencoba berjalan mengitari komplek perumahan kawasan disekitar asrama. Jam menunjukkan pukul 05.30 pagi. Dan kabut pagi masih terlihat pekat ketika saya melihat sekerumunan orang –orang tua berbaris rapi disamping gedung kampus UNPAD. Begitu musik senam berbunyi, saya baru sadar mereka adalah sekerumunan orang – orang yang sedang senam pagi. Saya coba mendekat untuk melihat mereka, sambil terheran – heran.

Ruang kerja ketika magang. Ruang 9113( kalo ga salah)

Di pagi buta yang dingin, berkabut, disaat orang kebanyakan menikmati paginya akhir minggu dirumah, mereka sudah berseragam dan berbaris rapi. Saya  mencoba mendekat. Dan saya tertegun. Mereka adalah para orangtua dengan kisaran umur 70 s/d 80 tahunan. Cukup renta jika dilihat dari keriput kulit dan warna rambutnya.  Mereka nampak hikmat mengikuti gerakan senam. Gerakannya terlihat lucu. Mengkibas – kibaskan tangan, menekuk – nekuk pinggul, angkat kaki dan sesekali tepuk – tepuk tangan dengan serentak. Gerakan mereka dipimpin laki – laki yang terlihat paling tua dan berkacamata dengan raut muka yang terlihat paling semangat dan paling hafal urutan gerakannya.

Lamban laun saya tidak lagi terlalu mengamati gerakannya yang terlihat lucu dan sederhana.  Raut muka mereka memperlihatkan kerja keras dalam melakukan gerakan. Sesekali serentak gerakan tepuk tangan, memperlihatkan mereka hafal dan tepat mengikuti irama.  Saya penasaran, umur berapa mereka? dan apa rata-rata profesi mereka ?. Belakangan saya tahu bahwa mereka adalah para dosen yang sudah purnatugas dan beberapa adalah guru besar, bahkan ada yang masih mengajar. Kebanyakan dari mereka tinggal dikawasan itu. Umurnya rata- rata diatas 75 tahun.

Mereka menginspirasi saya, bahwa kesehatan harus diperjuangkan hingga usia renta. Mereka memperlihatkan semangat dan kegigihan dalam melakukan olahraga. Sungguh mereka orang – orang yang sangat beruntung karena diberkati kesehatan dan mampu menikmati pagi yang dingin untuk melakukan aktifitas senam. Semangat mereka di usia tua untuk istiqomah berolahraga, menunjukkan bagaimana kegigihannya diusia muda.

Sejak saat itu, setiap hari sabtu dan minggu, saya manfaatkan suasana dilingkungan asrama untuk sebisa mungkin jogging. Berusaha mengeksploitasi habis suasana pagi dikawasan tersebut, agar kelak saya tidak menyesal karena tidak sempat menikmati paginya Bandung terutama dikawasan jl Dago Utara. Dua putaran lari dikawsan Jalan Dago Utara rasanya sama dengan satu putaran lari dikawasan  Lapangan  Merdeka PT Pertamina, tempat dimana saya biasa jogging di Balikpapan.

Meski rutenya tidak terlalu panjang, namun kontur jalannya yang sedikit naik turun membuat  jantung cepat terpacu. Hitung- hitung menikmati dinginnya pagi, bersamaan dengan kegiatan senam para pensiunan yang rutin dilaksanakan disamping gedung kampus UNPAD setiap sabtu. Jogging tidak hanya semata aktifitas lari dan bagian dari  olahraga, tapi juga wujud syukur saya dalam menikmati kota Bandung. Tak jarang mereka sudah bubar tatkala saya baru memulai jogging. Sebab saya kadang bangun sedikit kesiangan. Saya berharap jika diberi umur panjang, diusia yang renta saya dianugerahi kesehaan dan semangat yang tinggi untuk tetap berjuang melawan umur, seperti mereka.

Iklan

Penulis: Saiful ghozi

Lulus sarjana Pend Matematika Univ. Neg. Malang thn 2005. Mengajar di berbagai sekolah CSR perusahaan; PT SBK Melawi Kalbar, PT Kertas Nusantara Berau Kaltim, PT Chevron dan Total E&P Balikpapan. Setelah lulus pascasarjana di Unmul Samarinda thn 2013, kini menjadi dosen tetap di Politeknik Negeri Balikpapan Kaltim

2 thoughts on “Inspirasi dari Para Pensiunan (Catatan di Kota Bandung : 4)

  1. Terus berkarya pak Ghozi, asyik lho essaynya.. Ditunggu berikutnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s